Latest Updates

Cara mudah buat menu dropdown tanpa edit HTML

Menu dropdown adalah menu navigasi yang mempunyai efektifitas dalam jalan pintas menuju opsi-opsi yang ditawarkan si-empunya blog, hemat tempat & bahkan bisa menarik perhatian para blogger ketika tampilan menunya sangat cantik. Ada berbagai model menu dropdown, mulai yang horisontal seperti pada blog ini yang terletak di bawah header, ada pula yang vertikal di samping posting blog.
Baru-baru ini mulai banyak yang sudah memakai model floating menu yaitu sebuah tampilan yang mengadopsi menu dropdown dengan kelebihan ketika halaman kita sorot ke bawah, menu ini akan tetap pada tempatnya alias melayang & semoga jika ada waktu akan saya posting juga cara pembuatannya. Beberapa macam pembuatan dropdown yang saya bahas ini hampir semuanya masuk ke opsi edit HTML, itulah yang membuat saya malas pake cara itu karena jika kita tidak hati-hati dalam memprosesnya bisa membuat berantakan susunan template, parahnya lagi akan terjadi banyak kode yang mungkin masih tertinggal yang berakibat membuat loading blog kita semakin lambat dan berat. Tap jangan khawatir, setelah beberapa kali saya cari-cari akhirnya ketemu juga cara buat menu dropdown tanpa masuk opsi EDIT HTML ini. Sebelumnya ini adalah contoh hasil jadinya PREVIEW dan sekarang langsung ke TKP:

1. Login dulu ke blog anda

2. Pilih dulu blog yang akan anda pasang menu ini

3. Klik TATA LETAK >> ADD GADGET >> HTML JAVA SCRIPT

4. Copi paste-kan & masukkan kode di bawah ini pada kolom yang sudah ada



5. Tag lalu seret untuk diletakkan posisinya di bawah header

6. Silahkan kamu ganti URL-nya dengan URL blog anda

7. Terakhir klik save lalu lihat  hasilnya. Selamat mencoba.

Jika ada kesulitan silahkan sharing dengan berkomentar di bawah sini.

47 Responses to "Cara mudah buat menu dropdown tanpa edit HTML "

  1. iya nih, screen shotnya donk

    kunjungi blog saya ya www.namikazencheat.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. oke, sekarang sudah saya kasih preview-nya. silahkan agan cek postingan di atas sekali lagi, lalu klik PREVIEW..

    ReplyDelete
  3. Keren gan, maksih y dh berbagi,

    mampir jg ke
    http://automotive-learning-center.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. siip gan sudah di coba sukses gan

    ReplyDelete
  5. gan gimana caranya ganti tuh tulisan-tulisan HOME, Categori, work dll???

    kunjungi blog saya...
    www.mudiarcana-cintabaca.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. cara lebarin menu edit di bagian mana gan?

    ReplyDelete
  7. gan kayaknya ada kesalahan. coba cek. hasilnya jadi kayak menu biasa aja. jadi ga dropdown.

    ReplyDelete
  8. aii,nhazul@semua udah saya cek dan tetep bisa dropdown. mungkin template anda kurang mendukung untuk cara saya ini, coba saja cara yang lain

    ReplyDelete
  9. trims postingannya, sangat bermanfaat,
    http://sentraskripsi.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. mantap gan,klik disini ya klw ada perlu.
    Crack IDM Yang Tiada Matinya

    ReplyDelete
  11. trus cara postingnya gmn ni min???
    belum bisa masukkan ke menu n submenunya iku... :(

    ReplyDelete
  12. thanks gun, udah terpasang menu dropdown nya, terus kalu mau nambah menu pada menu dropdown yang sudah terpasa gimn...?????
    thanks gun

    ReplyDelete
  13. nyimak lagi tipsnya buat blog yg satunya..thanks

    ReplyDelete
  14. gimana cara memasukkan tulisannya?

    ReplyDelete
  15. http://www.pai-cube.com/2013/02/mau-bikin-website-hosting-murah-abizz.html

    ReplyDelete
  16. Waw simple banget tutorialnya, ga jelimet seperti tutorial tetangga sebelah, hehehe, thanks gan ilmunya

    ReplyDelete
  17. klo menu dropdown yg agan pake apa?

    ReplyDelete
  18. thanks ya gan tutorialnya mampir2 ke blog ane ya
    http://ridzky15.blogspot.com/

    thanks...:D

    ReplyDelete
  19. oke gan nice,..

    mampir donk : eko-nopyanto.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. Maaf, kok tidak berfungsi pas dipasang di blog-ku, bro?

    ReplyDelete
  21. Ralat, udah bisa, bro. Btw, maukah kamu mengajariku jadi seorang blogger hebat? Soalnya aku ini masih pemula. Baru kenal blog bulan Juni tahun 2012. Istilahnya aku ini masih pemula. Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. oke.. bermanfaat banget mas,, trus kalo membuat menu di sebelah samping postingan trus ada sub menunya gimana mas bos,, aku lagi nyari2 nih

    ReplyDelete
  23. asyikkkk....tpi cara gnti nama menu gmana sob,,,

    ReplyDelete
  24. wah, makasih ni infonya.
    udah lama nyari cara buat ginian.

    kunjungin blog ane ya...

    http://amrillah2world.blogspot.com/

    ReplyDelete
  25. Makasih infonya!! Salam kenal!!

    Silahkan kunjungi dan pilih2 buku di Hon Book Store
    Dapatkan diskon gede2an hingga 15% :D

    http://www.honbookstore.com/

    ReplyDelete
  26. Terima kasih atas infonya.

    kunjungi blog kami :

    http://www.twtiket.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. sangat membantu gan infonya...KUnjungi ya..
    Pekalongandewe.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. blog saya sudah agak berat loadingnya. takutnya ntar jadi tambah berat. tapi bagus sekali nih artikelnya. sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  29. cara ngeposting kalau di menu drop down bagai mana ? kalau sudah jadi menu drop down nya ? bls ya ke email wildansystem12@gmail.com

    ReplyDelete
  30. terima kasih gan atas infonya..... sukses selalu

    ReplyDelete
  31. jadinya Laman biasa.. belum bisa dropdwon.. :( Template apa yg sesuai?

    ReplyDelete
  32. gan, itu coding tanya jawab kyai, minta donk buat refrensi, mkasih. . .
    blog me http://yarisandipw.blogspot.com/
    sangkyu

    ReplyDelete
  33. udah jadi menunya tapi kok ga bisa drop-down ya ???

    ReplyDelete
  34. makasih mas
    saya coba dulu di blog saya
    semoga aja berhasil :D

    ReplyDelete
  35. makasih banyak buat tutornya gan,, sangat bermanfaat sekali

    http://goo.gl/FiqB2R

    ReplyDelete
  36. tested, simple praktis dan ok punya Sob
    terima kasih ya dah share
    menu saya yang lama nggak bisa drop down

    ReplyDelete